Bagaimana menurut anda tentang saya?

Selasa, 07 Desember 2010

2012 Akankah Berakhir?

2012: salah satu foto dari film Doomsday 2012
Beberapa waktu lalu hampir seluruh masyarakat di Indonesia di hebohkan dengan adanya isu yang mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Ramalan akan terjadinya kiamat tahun 2012 itu disandarkan pada penemuan beberapa ahli astrolog kuno serta para ahli astronomi modern.
Dengan berkembangnya isu tersebut, banyak diantara umat masyarakat di Indonesia mulai resah. Budaya yang awalnya mereka pertahankan seperti keyakinan beragama, kepercayaan dan sebagainya mulai terombang ambing. Hal ini sungguh tidak menutup kemungkinan timbullah kepercayaan baru, pedoman baru dalam kehidupan. Seperti halnya umat beragama sekalipun dapat tergeser kursi duduknya karena kuatnya arus yang melewati.
Dalam agama atau keyakinan, umat Islam meyakini bahwa kiamat pasti akan terjadi seperti yang tertulis dikitab suci mereka yaitu Al-Qur’an. Mereka juga hampir sama dalam memberikan gambaran mengenai kiamat itu sendiri bahwa hari kiamat merupakan akhir kehidupan makhluk hidup dan hancurnya dunia beserta isinya.
Ada beberapa warga kota Malang yang berpendapat mengenai kiamat 2012 ini. Salah satunya M. Ridwan seorang guru mengaji,” kiamat itu pasti akan datang, akan tetapi menurut kepercayaan masing-masing prosesnya itu berbeda-beda, dimana dalam agama saya berpedoman untuk percaya terhadap Al-Qur’an bukan pada tayangan film semata. Akan tetapi dengan adanya isu yang berkembang tersebut, harusnya membuat kita untuk terus meningkatkan ibadah kita.”
Semua umat beragama percaya bahwa kiamat itu ada, dan mengenai proses berbeda – beda, kemudian akan waktunya tidak ada yang tahu itu adalah urusan tuhan semata, ada yang beranggapan kiamat itu hancurnya dunia, munculnya dunia baru, dan adanya kehidupan dilain galaksi.
2012 (2): tampak diilustrasikan bencana yang akan terjadi di tahun 2012
Sudah sewajarnya, kita harus dapat lebih intropeksi diri mengenai hal ini. Semakin berkembangannya jaman maka semakin berkembang pula era modernisasi. Apalagi dalam sebuah media, yang mana perkembangannya semakin lama semakin melonjak tinggi. Kita juga harus dapat menyikapi hal tersebut. Selain ikut mempelajari tentang era globalisasi ini, selain itu kita juga perlu berpegang teguh pada iman dan takwa. Dengan hal tersebut segala sesuatu yang kita lalui dan menemui proses kebimbangan, maka lambat laun akan ditemukan jalan keluar.
Budaya sekalipun akan terus menjadikan kita sebagai hal utama dalam pembentukan karakter bangsa. Apalagi bangsa Indonesia yang berpedoman pada keyakinan umat beragama. Sudah tentu harus terus kita terapkan dan tetap kita junjung tinggi kebudayaan yang telah kita buat.

Sumber : Ustad M. Ridwan, 42 tahun, guru mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Khalam Prigen
Foto : Take a pict dari film 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar