Bagaimana menurut anda tentang saya?

Rabu, 22 Desember 2010

Kuliah Cari Ilmu Apa Kuliah Cari Image?

Fenomena yang sering terjadi saat ini adalah kuliah sambil nampang. Apa benar itu terjadi? Sebenarnya sudah ada di benak kita tentang apa arti kuliah yang sesungguhnya. Kuliah berarti kita menjadi seorang mahasiswa. Mahasiswa pekerjaannya mencari ilmu dan meningkatkan pengalaman di dunia pendidikan. Akan tetapi fenomena yang sering terjadi adalah kuliah untuk pembentukan image di lingkungannya.
Foto1:  Kuliah untuk mencari ilmu itu penting
Kebanyakan pembentukan image menjadi anak kuliahan ini tidak hanya berawal dari individu yang kuliah, akan tetapi dari lingkungan keluarga juga dapat membentuk image yang salah ini. Mengapa dapat demikian? Karena jika orang tua mampu membiayai anaknya untuk kuliah di luar kota tempat tinggal mereka, mereka akan merasa bangga dapat menguliahkan bukan bangga anaknya berprestasi. Hal ini tentu contoh yang salah, karena ketika orang tua dengan congkak memamerkan anaknya yang sedang memasuki bangku kuliah, maka kejiawaan sang anak dapat membentuk jiwa yang sombong pula.
Perilaku yang terbentuk dari lingkungannya ini hanya karena gaya-gayaan. Hal ini kebanyakan akan dirasakan bagi mereka yang memiliki fasilitas dan ekonomi yang lebih untuk memasuki bangku kuliah. Seorang anak akan merasa dirinya kuliah sebagai tren saja, bukan mengartikan kuliah yang sebenarnya.
Foto2: Kuliah sambil mengeksiskan diri
Ada beberapa anak mahasiswa yang memang dirinya kuliah hanya untuk membentuk image yang baik di lingkungan keluarga ataupun lingkungan masyarakat. Mereka berangkat kuliah dari kota asalnya berniat untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Orang tua memberi restu yang positif untuk mendoakan putra putrinya mencari ilmu di negeri orang. Akan tetapi fenomena yang sering terjadi adalah anak menggunakan kesempatan tersebut untuk bersenang-senang dan merogok pendapatan atau uang yang sebesar-besarnya dari orang tua. Sungguh hal yang sangat disayangkan.
Adit, salah satu mahasiswa dari Kalimantan mengatakan “aku seneng-seneng aja kuliah di Malang, yang penting nyantai, pemasukan lancar, dan kabar tentang diriku kuliah dengan baik dapat diterima ayah mamaku di Kalimantan sana.” Sebenarnya saya secara tidak sengaja untuk mengutip apa yang telah dikatakan oleh teman saya ini. Sungguh sebenarnya apa yang dicari seorang mahasiswa ini untuk kuliah? Pertanyaan besar dan pastinya masing-masing orang punya pendapatnya sendiri.

Sumber foto 1: Rangga collection
Foto 2 : Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar