Bagaimana menurut anda tentang saya?

Rabu, 22 Desember 2010

Batik Malangan Kurang Dikenal

Bicara tentang kebudayaa memang tidak ada habisnya. Apalagi bangsa Indonesia mempunyai beragam kebudayaan yang berwarna. Sebuah kebudayaan tidak hanya dinilai dari sebuah nilai seni dan kebudayaan daerah saja. Akan tetapi kebudayaan itu dapat dinilai dari bentuk fisik dan dapat dilihat oleh mata, salah satunya batik Indonesia.
Batik Malangan: Berbagai corak yang sangaty indah
Belum lama ini Presiden Republik Indonesia mencanangkan hari Batik Nasional setiap jum’at dan sabtu. Oleh karena itu di setiap instansi paling tidak diharuskan mengenakan busana batik sebagai identitas bangsa Indonesia. Hingga akhirnya muncul perda tentang diberlakukannya batik khas daerah masing-masing.
Setiap pemerintahan daerah harus memiliki satu jenis batik khas daerah masing-masing dengan memberikan sentuhan ikon dari daerah tersebut, misalkan kota Malang ikon dari daerah tersebut adalah tugu kota Malang.
Seperti batik Malangan, banyak masyarakat kota Malang itu sendiri kurang mengetahui hingga tidak mengetahui sama sekali. Hal ini mungkin banyak disebabkan kalau batik kota Malang ini kurang dipromosikan maupun dipublikasikan ke khalayak umum. Batik khas kota Malang ini lebih dikenalkan kepada instansi pemerintahan saja yang mengenalnya.
Ada beberapa jenis batik Malangan, mulai dari motif “kawung kembang kopi pecah,” yang berarti motif ini diambil dari biji kopi yang dipecah. Ada pula motif yang saat ini sedang berkembang dan dikenakan sebagai seragam batik instansi pemerintahan terkait yaitu motif tugu kota Malang. Dimana motif batik yang satu ini menjadi suatu kebanggaan dan dijadikan sebagai seragam dinas setiap hari jum’at atau sabtu.
Belajar: dari kecil seharusnya dikenalkan budaya batik
Akan tetapi sayangnya, masyarakat kota Malang sendiri belum pernah tahu akan keberadaan batik khas kota Malang itu sendiri. Bisa jadi hal ini selain disebabkan oleh kyrangnya promosi, tapi batik ini masih terbilang baru di kalangan warga. Oleh karena itu dengan telah diciptakannya batik ini maka perlu diadakannya suatu promosi yang efektif bagi seluruh warga kota Malang. Karena selain untuk mempromosikan batik ini ke seluruh warga kota Malang, tetapi para perajin batik di kota Malang dapat meniru motif yang menjadi khas kota Malang itu sendiri.
Dengan mencintai kesenian batik, maka kita juga mencintai warisan leluhur bangsa Indonesia. Batik bukan hanya sebuah warisan seni budaya, akan tetapi batik merupakan karakteristik yang yelah dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk dikenal oleh bangsa negara lainnya.

Sumber foto: Pakandayu file

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr. wb.
    saya mau tanya, sumber datanya darimana ?
    namanya dan tanggalnya plis..
    buat tugas soalnya..
    hehe..

    BalasHapus