Bagaimana menurut anda tentang saya?

Rabu, 22 Desember 2010

Bisnis Pendidikan

Dewasa ini sering kali kita dapat menemukan tempat-tempat bimbingan belajar di kota Malang. Berbagai tempat bimbingan belajar saat ini juga berkembang pesat di sekitar kita. Ketika kita berpikir secara positif, tentu halnya ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa dalam perkembangan pendidikan di kota Malang. Selain memang Malang sebagai kota Pendidikan, akan tetapi Malang sendiripun tidak hanya menggunakan jabatan itu sebagai title saja.
Sebaliknya, ketika kita jauh berpikir secara kritis, tempat bimbel ini pastinya membayar. Dan pengeluaran dana ini terbilang tidak cukup sedikit, melainkan sangat besar. Sudah tentu terobosan terbaru ini hanya dapat dinikmati bagi mereka yang berduit lebih. Lalu bagaimana nasib para kalangan ekonomi menengah ke bawah?
Hal ini tentu saja menjadikan suatu kontroversi antara semakin banyaknya masyarakat miskin yang membutuhkan pendidikan gratis dibarengi dengan terus meningkatnya bermacam-macam tempat bimbingan belajar non formal atau di luar sekolah. Timbul sebuah pertanyaan, apakah sekolah formal sudah tidak mampu menjadi tempat utama untuk menimba ilmu? Apakah praktisi pendidikan perlu berbisnis untuk perekonomian mereka secara individu? Atau apakah masyarakat ingin lebih maju dengan sekolah gratis akan tetapi les bimbel bayar tidak menjadi sebuah masalah? Mari kita pikirkan tentang hal tersebut bersama.
Memang banyak sekali les bimbel yang menyediakan banyak sekali fasilitas mulai dari praktisi pengajar yang handal hingga sistem taruhan nilai yang didapatkan anak didik nantinya. Akan tetapi bagaimana dapat terbentuk pola pikir yang sedemikian rupa ini untuk menjadikan pendidikan menjadi suatu bisnis yang sangat menguntungkan.
Ketika mereka yang mempunyai ekonomi lebih bisa saja untuk menjadikan hal ini sebagai suatu kelebihan dalam menimba ilmu. Akan tetapi ketika kita melirik bagi mereka yang kurang mampu. Apakah juga dapat menikmati fasilitas tersebut yang sedang berkembang di masyarakat luas?
Sekolah gratis memang sedang gencar dilaksanakan de seluruh pelosok tanah air. Ini memang salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa. Akan tetapi, jika ada beberapa oknum yang dengan sengaja memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis seharusnya dengan mempertimbangkan untuk kesejahteraan anak bangsa. Katanya guru itu pahlawan tanpa tanda jasa..

Sumber foto: Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar